Kamis, 05 Februari 2015

PROPORSIONALKAN FUNGSI MEDIA MASSA


Pada dasarnya media massa mempunyai 4 fungsi, yaitu fungsi edukasi,  
SUGA AKPORU
informasi, hiburan dan pengaruh. Berikut penjelasan masing masing dari fungsi tersebut.

1.    Fungsi edukasi, yaitu media massa berfungsi sebaagai agen atau media yang memberikan pendidikan kepada masyarakat, sehingga keberadaan media massa tersebut menjadi bermanfaat karena berperan sebagai pendidik masyarakat. Maka dari pada itu, lewat acara acaranya, media massa diharapkan memberikan pendidikan kepada masyarakat.
2.    Fungsi informasi, yaitu media massa berperan sebagai pemberi atau penyebar berita kepada masyarakat atau komunikatornya, media elektronik misalnya memberikan informasi lewat acara berita, atau informasi lain yang dikemas lewat acara ringan, sehingga media massa berperan bagi menambah wawasan ilmu pengetahuan.
3.    Fungsi hiburan, yaitu media massa berperan menyajikan hiburan kepada komunikatornya atau dalam hal ini masyarakat luas. Hiburan tersebut misalnya acara musik, komedi dan lain sebagainya.
4.    Fungsi pengaruh, yaitu bahwa media massa berfungsi bagi memberikan pengaruh kepada masyarakat luas lewat acara atau berita yang disajikannya, sehingga dengan adanya media massa diharapkan masyarakat dapat terpengaruhi oleh berita yang disajikan. Misalnya ajakan pemerintah untuk mengikuti pemilihan umum, maka diharapkan masyarakat akan terpengaruh dan semakin berpartisipasi bagi mengikuti pemilu.
Maka dari keempat fungsi diatas, yang harus menjadi mayoritas adalah pada fungsi informasi dan edukasi, artinya media massa diharapkan dapat lebih banyak memberikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat atau komunikatornya dibandingkan dengan fungsi hiburan dan fungsi pengaruhnya. Sehingga dengan demikian, diharapkan kehadiran media massa akan lebih banyak memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Akan tetapi yang terjadi sekarang adalah bahwa media massa terutama media elektronik lebih mendominasi dalam hal hiburan atau entertainment. Sebenarnya inilah yang menjadi permasalahan dimana kehadiran media massa kurang banyak memberikan manfaat, bahkan cenderung merugikan masyarakat terutama pada perubahan karakter masyarakat akibat tayangan yang disajikan. Misalnya tayangan sinetron atau informasi tentang aksi kejahatan semisal perkosaan, maka sebenarnya tayangan tersebut tidaklah menguntungkan masyarakat, bahkan sebenarnya merugikan masyarakat, karena masyarakat akan lebih banyak mendapat tayangan yang berbau hal negatif atau sesuatu yang dilebih lebihkan. Oleh sebab itu, perlu ada suatu tatanan yang proporsional dalam mennjalankan fungsi media massa, dimana yang harus menjadi titik fokus adalah pada fungsi edukasi dan informasi. Maka dengan demikian diharapkan kehadiran media massa dapat memberikan manfaat yang lebih optimal lagi kepada masyarakat.
AGUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tak ada kata terlambat tuk berubah. Masa lalu hanyalah pendewasaan dirimu. Hidupmu tak ditentukan oleh orang lain tapi kamu!