Selasa, 14 April 2015

KONSOLIDASI ORGANISASI ANTARA IMPPETANG DAN KOMAPO DI YOGYAKARTA



Yogyakarta-Komnews, Ikatan Mahasiswa Pelajar Pegunungan Bintang (IMPETANG) dan Komunitas Mahasiswa Pelajar Mahasiswa Aplim Apom (KOMAPO) melakukan konsolidasi organisasi guna membangun kesepamahan untuk penyatuan organisasi kedepan, pasalnya kedua organisasi ini berasal dari satu wilayah pemerintahan, yakni dari Pegunungan Bintang namun membangun dua organisasi yang berbeda.
Kedua organisasi ini masing-masing memiliki wilayah otoritas yang berbeda-beda, yakni wilayah kerja IMPPETANG mencakup Sorong sampai Merauke, sedangkan KOMAPO dari Maluku sampai Aceh. Dengan adanya dualisme organisasi ini ada banyak hal yang sedang dan akan berdampak pada proses pembangunan daerah, yakni: Adanya persaingan yang tidak sehat diantara mahasiswa maupun alumni dari kedua organisasi, Membangun isu yang saling menjatuhkan, Selalu membingungkan pemerintah daerah dalam hal pembinaan dan pengkaderan, Pembagian porsi anggaran pengembangan organisasi yang tidak merata sehingga pola pengembangan organisasi juga masih parsial, Kedua organisasi belum menunjukkan arah pengembangan organisasi yang mendidik dan berkepribadian.
Untuk itulah kedua organisasi ini bersepakat untuk melakukan konsolidasi organisasi guna membangun kesepamahan bersama. Kegiatan ini dijadwalkan bersamaan dengan Paskah KOMAPO tahun 2015 di Semarang, tanggal 02-05 April namun karena keterbatasan waktu sehingga diagendakan untuk diselenggarakan di Yogyakarta.
Dalam rangka kegiatan ini Sekjen Komapo, Romeo Uropdana membentuk panitia mini di Yogyakarta. Kurang lebih seminggu panitia tersebut mempersiapkan kegiatan ini, dan akhirnya terselenggara pada hari Sabtu (11/04/2015) di Kampus II Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Kegiatan ini adalah sejarah dalam organisasi mahasiswa Pelajar Pegunungan Bintang Se- Indonesia, pasalnya belum pernah adanya dialog atau konsolidasi diantara kedua organisasi ini. Dulunya kedua organisasi ini mengedepankan egoisme, namun dengan inisiatif yang baik dari BPH IMPPETANG periode 2014-2015 ini membawa angin segar bagi generasi muda Aplim Apom untuk membangun persatuan dan kesatuan.
Mengawali konsolidasi didepan 50-an anggota KOMAPO yang hadir pada kegiatan ini, Ketua IMPPETANG, Sabinus Ningdana mengatakan“ selama ini kedua organisasi membangun wacana dan isu yang tidak sehat, yang justru akan menjadi jurang pemisah antar anak negri Aplim Apom, untuk itu penyatuan organisasi harus dilakukan”, tandasnya.
Dalam sesi pemaparan materi, Sabinus menegaskan”, kita satu pemerintahan jadi alangkah baiknya kita benahi organisasi agar terarah. Dengan begitu kita juga mudah berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah, karena selama ini Pemda juga binggung menanggapi aspirasi kita karena masih dualisme organisasi mahasiswa pelajar dalam satu kabupaten”, katanya.
Lebih lanjut dirinya menegaskan “Dengan membenahi organisasi, kedepan kita akan menyiapkan kader-kader pemimpin yang siap dipakai ditingkat nasional hingga daerah. Mengapa orang Papua lain bisa menjadi pemimpin di daerah kita, sedangkan kita tidak bisa?”, tandasnya.
Sama halnya disampaikan oleh Pembina Komapo I Melkior N.N Sitokdana bahwa”, ini langkah yang baik untuk organisasi kita kedepan. Dengan membenahi organisasi kita akan memfokuskan pengembangan organisasi pada Latihan Kepemimpinan, Kewirausahan, Pengembangan Riset dan pelatihan-pelatihan lainnya ditingkat mahasiswa bahkan juga di masyarakat”, katanya.
Wacana penyatuan organisasi ini sudah pernah diperjuangkan oleh KOMAPO pada tahun 2009 namun pada saat itu masa transisi pemerintahan sehingga belum sempat dilakukan. Untuk itu, wacana yang diusulkan IMPPETANG sejalan dengan inisiatif KOMAPO sehingga dipenghujung kegiatan ini kedua organisasi sepakat akan melakukan berbagai langka-langkah untuk mencapai Musyawarah Besar (MUBES) Organisasi.
Dalam rangka ini ada beberapa hal yang akan dilakukan sebelum melakukan MUBES, yakni Konsolidasi internal KOMAPO dan IMPPETANG, Sosialisasi Hasil Konsolidasi, Menyelenggarakan Pra Mubes, Membentuk Panitia Mubes dan Tim Perumus Organisasi yang melibatkan Pendiri Organisasi.
kalaka uropka agus

Di tulis oleh Abenius mul
Mahasiswa UGM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tak ada kata terlambat tuk berubah. Masa lalu hanyalah pendewasaan dirimu. Hidupmu tak ditentukan oleh orang lain tapi kamu!