Minggu, 05 Oktober 2014

ETIKA PENGGUNAAN INTERNET DAN MEDIA SOSIAL



Definisi : Internet adalah singkatan dari Interconected Networking, yang dimana pada saat ini internet adalah salah satu media yang paling banyak digemari oleh masyarakat karena sifatnya yang terbuka dan online.
Internet mencakup kegiatan Browsing/Surfing, Mailing, Social Networking/Forum Bebas, Dunia Bisnis/Marketing Online, dan Chatting/Messenger.

PENTINGNYA ETIKA
Perkembangan internet yang begitu pesat menuntut dibuatkannya aturan – aturan atau etika beraktifitas di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya etika dalam dunia maya 

  Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda.
·         Pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam anonymouse, yang mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
·         Bermacam fasilitas di internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis / tidak etis.
·         Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat yang memungkinkan masuknya ‘penghuni’ baru. Untuk itu mereka perlu diberi petunjuk agar memahami budaya internet.
·         Etika penggunaan internet meliputi :
·         Browsing/Surfing
·         Mailing
·         Social Networking/Forum Bebas
·         Dunia Bisnis/Marketing Online, dan
·         Chatting/Messenger.

BROWSING
Definisi :
·         Browsing adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software
·         Browsing dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll.
·         Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing.untuk berselancar.

ETIKA BROWSING DI INTERNET

Dalam berselancar / browsing di internet,kita tidak boleh seenaknya sendiri tanpa memperhatikan etika yang ada, di bawah ini ada sedikit tentang etika browsing :
·         Browsing lah dengan secara efisien, dan tidak mengunjungi situs-situs yang berdampak negatif kepada anda.
·         Jika anda sedang browsing dengan tujuan mencari referensi, minta lah ijin terlebih kepada si pemilik website terlebih dahulu agar anda dapat leluasa menyalin isi artikel website tersebut.
·         Jika anda mencari referensi tentang artikel yang bersifat ilmu pengetahuan (sains), kunjungilah situs-situs yang terpercaya akan kebenaran isinya. Contoh : Wikipedia, National Geographic.







E_MAIL (MAILING LIST)

Definisi :
Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer(misalnya Internet).

Dalam e-mail juga ada tatanan2 yg harus kita perhatikan.

·         Hindari menggunakan CC (Carbon Copy), Gunakan BCC (Blind Carbon Copy).
·         Carbon Copy (CC); memungkinkan semua orang melihat semua list account e-mail yang di-CC-kan
·         Blind Carbon Copy (BCC); hanya memungkinkan melihat account pengirim dan penerima, walaupun di BCC-kan kebanyak orang (one to many)
·         BCC lebih sopan dan lebih membuat orang lain nyaman karena tidak khawatir account-nya diketahui oleh orang yang tidak dia kenal.
·         KECUALI : list account e-mail sudah dikenal semua
·         Hindari Penggunaan HURUF KAPITAL
·         Huruf Kapital mencerminkan “BERTERIAK”, Marah atau Kesal.
·         Gunakan huruf kapital seperlunya hanya untuk penekanan.

·         Hati-hati dalam mem-FORWARD. Tidaklah etis memforward pesan yang sifatnya pribadi.Tidaklah etis memforward sesuatu tanpa seijin atau sepengetahuan yang mengirim
      Solusi:
      Minta ijin dan Men-CC-kan forward ke pengirim aslinya juga.



ETIKA DALAM E_MAIL (MAILING LIST)

·         Gunakanlah bahasa yang sopan dan santun dalam menuliskan pesan, agar tidak menyinggung perasaan si penerima E-mail anda.
·         Ucapkan salam pada awal dan akhir pesan.
·         Gunakanlah ejaan tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca (lebih baik menggunakan bahasa formal).
·         Cantumkan identitas anda sebagai pengirim email dengan jelas.
·         Jika anda mengirimkan sebuah lampiran dalam mengirim email, lampirkanlah dengan ukuran data sekecil mungkin dan periksa kembali bahwa data yang anda lampirkan benar - benar bersih dari virus, trojan, malware dan sejenisnya.
·         Jangan melampirkan data visual yang bersifat pornografik, SARA dan kekerasan.
FORUM

Definisi :
merupakan fasilitas yang tersedia diinternet, dan penggunanya dapat berdiskusi. Forum berbasis internet ini sudah dikenal sejak tahun 1995, dan fungsinya mirip bahkan lebih baik dari papan buletin dan milis internet yang sudah ada sejak tahun 1980an.

ETIKA DALAM FORUM

·         Hindari Personal Attack!
·         Mailing list dan forum diskusi bersifat one-to-many
·         Gunakan fakta dan data sebagai dasar argumentasi
·         Jangan bawa masalah pribadi dalam diskusi dan ber argumentasi
·         Be wise! Apalagi sumpah serapah…
·         Jangan membandingkan agama, suku, ideologi, dan lain-lain
·         Jangan menjelek-jelekan suatu agama, suku, ideologi, kelompok, individu, institusi, dll


SITUS JEJARING SOSIAL
Definisi :
Situs jejaring sosial (bahasa Inggris : Social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna

ETIKA DALAM SITUS JEJARING SOSIAL
·         Jika bisa mengirim pesan personal via e-mail, kenapa harus via inbox apalagi via wall
·         Tidaklah etis men-tag sesuatu khususnya foto/video tanpa seijin orangnya terlebih dahulu
·         Buatlah group dan bergabung dengan group yang positif, bukan yang menjatuhkan individu atau kelompok tertentu…
·         Jangan mengeluhkan sesuatu di jejaring sosial, apalagi sumpah serapah yang ditujukan kepada seseorang atau kelompok tertentu
·         Jangan mempublikasikan sesuatu hal tentang kepribadian / masalah pribadi seseorang di forum umum, karena ini akan menimbulkan fitnah.
·                     Gunakanlah kata-kata yang sopan dalam menulis pesan.
CHATTING/MESSANGER

Definisi :
·         Percakapan di Internet (Inggris: Internet chat atau online chat) mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara dua orang pengguna Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat lunak seperti pengirim pesan instan, Internet Relay Chat, dan lain-lain.

ETIKA DALAM CHATTING/MESSANGER

·         Sapalah teman Chat anda dengan Salam yang sopan dan santun.
·         Gunakanlah kata-kata yang tidak menyinggung teman chat anda.
·         Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti.
·         Kirimlah suatu informasi via chat dengan jelas, singkat dan jelas.
·         Jangan membicarakan hal-hal yang dapat menimbulkan fitnah pada orang lain.
·         Menurut beberapa pengamat etika internet, gunakanlah huruf kapital seperlunya saja. Huruf kapital dapat menggambarkan bahwa anda sedang berteriak atau berbicara keras.
ETIKA DALAM BISNIS ONLINE (MARKETING)

·         Jika anda berniat menjadi marketing online, maka berikanlah gambaran produk, estimasi harga dan prosedur transaksi yang jelas kepada customer anda.
·         Deskripsikan kepada customer anda tentang keabsahan usaha anda agar terciptanya rasa kepercayaan oleh si customer.
·         Jangan mempromosikan sesuatu yang tidak benar, hal ini akan menjadi suatu tidak kriminal (penipuan), dan citra buruk terhadap anda.
·         Jika anda berniat membeli suatu produk via Internet, maka ikutilah prosedur yang sudah ditetapkan bersama dalam hal ini adalah transaksi pembayaran anda.
·         Bisnis Online adalah suatu media Bisnis dan Jual Beli yang benar adanya dan menyangkut keuangan suatu pihak , maka gunakan Bisnis Online dengan serius dan penuh tanggung jawab.
                                                           AGUSTINUS UROPKA
Sumber :
Ahmad Abid Sholichul Anam – presentasi_etika_profesi.pptx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tak ada kata terlambat tuk berubah. Masa lalu hanyalah pendewasaan dirimu. Hidupmu tak ditentukan oleh orang lain tapi kamu!