Rabu, 05 Februari 2014

KEANEKARAGAMAN BUDAYA KEBUDAYAAN NASIONAL




Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Kebudayaan nasional dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah “puncak-puncak dari kebudayaan daerah”. Kutipan pernyataan ini merujuk pada paham kesatuan makin dimantapkan, sehingga ketunggalikaan makin lebih dirasakan daripada kebhinekaan. Wujudnya berupa negara kesatuan, ekonomi nasional, hukum nasional, serta bahasa nasional. Definisi yang diberikan oleh Koentjaraningrat dapat dilihat dari peryataannya: “yang khas dan bermutu dari suku bangsa mana pun asalnya, asal bisa mengidentifikasikan diri dan menimbulkan rasa bangga, itulah kebudayaan nasional”. Pernyataan ini merujuk pada puncak-puncak kebudayaan daerah dan kebudayaan suku bangsa yang bisa menimbulkan rasa bangga bagi orang Indonesia jika ditampilkan untuk mewakili identitas bersama.
Wujud kebudayaan daerah di Indonesia
 Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda. Berikut ini beberapa kebudayaan Indonesia berdasarkan jenisnya:
Rumah adat
Setiap daerah atau suku mempunyai Rumah adat masing-masing yang menjadi ciri khas suku atau daerah tersebut dengan suku dan daerah lainnya terlihat dari bentuk bangunannya yang berbeda serta corak arsitektur yang tidak sama begitu juga nilai filosofinya. Nama Rumah adat suku atau daerah di indonesia yang beraneka ragam antar lain :
    Sumatera Barat: Rumah Gadang
    Sumatera Selatan: Rumah Limas
    Jakarta: Rumah Kebaya
    Jawa Barat dan Banten: Rumah Kesepuhan
    Yogyakarta: Bangsal Kencono
    Jawa: Joglo (Jawa Tengah dan Jawa Timur)
    Nusa Tenggara Barat: Rumah Dalam Loka Samawa (Lombok)
    Nusa Tenggara Timur: Lopo
Tarian 
Tarian disetiap daerah atau suku diindonesia juga sangat beraneka ragam, baik dalam gerakannya serta jenis tarian tersebut, makna di setiap gerakannya juga mempunyai arti sendiri untuk suatu suku atau daerah tersebut. Misalnya tari landek dari Batak karo,Tor tor dari Batak toba, Lagu Nyanyian atau lagu disuatu daerah atau suku sangat lah berbeda baik dari segi bahasa yang dikarenkan setiap suku punya bahasa tersendiri begitu juga dengan logat atau dialek suku tersebut yang menentukan nada lagunya yang mempunyai ciri khas masing-masing serta kata-kata dalam liriknya yang mempunyai arti tersendiri..
Musik
perbedaan instrumen musik antara suatu daerah dengan daerah yang lainya membuat keanekaragaman nada dikarenakan setiap instrumen musik mempunyai fungsi yang berbeda serta bentuknya dan cara memainkannya sehingga mengeluarkan bunyi yang mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadikan ciri musik suatu suku atau daerah masing-masing.
Seni Gambar
 
seni lukis atau gambar juga mempunyai keanekaragaman yang tidak kalah banyaknya dengan yang lainnya, gambar atau lukisan setiap daerah atau suku mempunyai suatu corak ukiran tersendiri serta simbol-simbol gambar yang aneka ragam bentuknya serta tempat dimana gambar itu di gambar begitu juga pemaknaan akan gambar tersebut. Misalnya Jawa ada wayang dan batik Pakaian Adat bentuk pakaian adat di suatu daerah atau suku juga beraneka ragam begitu juga warna, bentuk, motif pakaian, aksesoris, serta jenis-jenis pakaian adat.misalnya Jawa: Batik Beskap dan Blangkon,Kebaya,Dodotan. Sumatera Selatan:Songket,Aesan Gede. Sumatera Utara:Ulos,Suri-suri,Gotong,Gara Gara/Beka buluh. Kalimantan BaratKing, BabaKing Bibinge,Burai King Burai
Seni Suara
 
keanekaragaman lainnya juga ada dibidang seni suara yang dipengaruhi oleh logat dan dialek berbicara suatu suku atau daerah tersebut sehingga suara yang dikeluarkan suku atau daerah tertentu yang bisa mnejadi salah satu kekhasaan yang  akan bisa membedakan dan mengetahui suatu suku dengan suku yang lain dengan mendengar kan suara yang dikeluarkan dalam bentuk nyanyian atau suara-suara lainya.misalnya Jawa: Sinden. Sumatera Utara: Talibun. Gorontalo: Dikili
Seni Sastra dalam bidang seni sastra suku atau daerah mempunyai tulisan/aksara serta teknik penulisannya dan pahat-pahatan  masing-masing yang menambah keanekaragaman budaya,

Makanan
keanekaragaman juga terdapat pada makanan,setiap suku atau daerah pastilah mempunyai makanan khas. Adanya keanekaragaman makanan ini disebabkan setiap suku dan daerah mempunyai perbedaan bumbu ikarenakan perbedaan tanaman yang hidup disuatu suku dan daerah tidak lah sama dengan suku atau daerah lainnya begitu juga teknik atau cara membuat makanan sehingga melahirkan begitu banyak jenis makannan yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tak ada kata terlambat tuk berubah. Masa lalu hanyalah pendewasaan dirimu. Hidupmu tak ditentukan oleh orang lain tapi kamu!