Definisi : Internet adalah singkatan dari
Interconected Networking, yang dimana pada saat ini internet adalah salah satu
media yang paling banyak digemari oleh masyarakat karena sifatnya yang terbuka
dan online.
Internet mencakup kegiatan Browsing/Surfing,
Mailing, Social Networking/Forum Bebas, Dunia Bisnis/Marketing Online, dan
Chatting/Messenger.
PENTINGNYA ETIKA
Perkembangan internet yang begitu pesat
menuntut dibuatkannya aturan – aturan atau etika beraktifitas di dalamnya.
Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya etika dalam dunia maya
Pengguna internet berasal dari berbagai
negara yang memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda.
·
Pengguna internet merupakan orang yang hidup
dalam anonymouse, yang mengharuskan pernyataan identitas asli dalam
berinteraksi.
·
Bermacam fasilitas di internet memungkinkan
seseorang untuk bertindak etis / tidak etis.
·
Harus diperhatikan bahwa pengguna internet
akan selalu bertambah setiap saat yang memungkinkan masuknya ‘penghuni’ baru.
Untuk itu mereka perlu diberi petunjuk agar memahami budaya internet.
·
Etika penggunaan internet meliputi :
·
Browsing/Surfing
·
Mailing
·
Social Networking/Forum Bebas
·
Dunia Bisnis/Marketing Online, dan
·
Chatting/Messenger.
BROWSING
Definisi :
·
Browsing adalah Berselancar untuk menjelajahi
informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah
program yang disebut browser, software
·
Browsing dapat juga diartikan seni pencarian
informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca
berita, mencari istilah dll.
·
Browsing adalah menjelajah dunia maya atau
internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu
juga salah satu browsing.untuk berselancar.
ETIKA BROWSING DI INTERNET
Dalam berselancar / browsing di internet,kita
tidak boleh seenaknya sendiri tanpa memperhatikan etika yang ada, di bawah ini
ada sedikit tentang etika browsing :
·
Browsing lah dengan secara efisien, dan tidak
mengunjungi situs-situs yang berdampak negatif kepada anda.
·
Jika anda sedang browsing dengan tujuan
mencari referensi, minta lah ijin terlebih kepada si pemilik website terlebih
dahulu agar anda dapat leluasa menyalin isi artikel website tersebut.
·
Jika anda mencari referensi tentang artikel
yang bersifat ilmu pengetahuan (sains), kunjungilah situs-situs yang terpercaya
akan kebenaran isinya. Contoh : Wikipedia, National Geographic.
E_MAIL (MAILING LIST)
Definisi :
Surat elektronik (disingkat ratel, ratron,
surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el)
atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan
Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan
komputer(misalnya Internet).
Dalam e-mail juga ada tatanan2 yg harus kita
perhatikan.
·
Hindari menggunakan CC (Carbon Copy), Gunakan
BCC (Blind Carbon Copy).
·
Carbon Copy (CC); memungkinkan semua orang
melihat semua list account e-mail yang di-CC-kan
·
Blind Carbon Copy (BCC); hanya memungkinkan
melihat account pengirim dan penerima, walaupun di BCC-kan kebanyak orang (one
to many)
·
BCC lebih sopan dan lebih membuat orang lain
nyaman karena tidak khawatir account-nya diketahui oleh orang yang tidak dia
kenal.
·
KECUALI : list account e-mail sudah dikenal
semua
·
Hindari Penggunaan HURUF KAPITAL
·
Huruf Kapital mencerminkan “BERTERIAK”, Marah
atau Kesal.
·
Gunakan huruf kapital seperlunya hanya untuk
penekanan.
·
Hati-hati dalam mem-FORWARD. Tidaklah etis
memforward pesan yang sifatnya pribadi.Tidaklah etis memforward sesuatu tanpa
seijin atau sepengetahuan yang mengirim
Solusi:
Minta ijin dan
Men-CC-kan forward ke pengirim aslinya juga.
ETIKA DALAM E_MAIL (MAILING LIST)
·
Gunakanlah bahasa yang sopan dan santun dalam
menuliskan pesan, agar tidak menyinggung perasaan si penerima E-mail anda.
·
Ucapkan salam pada awal dan akhir pesan.
·
Gunakanlah ejaan tulisan yang mudah dipahami
oleh pembaca (lebih baik menggunakan bahasa formal).
·
Cantumkan identitas anda sebagai pengirim
email dengan jelas.
·
Jika anda mengirimkan sebuah lampiran dalam mengirim
email, lampirkanlah dengan ukuran data sekecil mungkin dan periksa kembali
bahwa data yang anda lampirkan benar - benar bersih dari virus, trojan, malware
dan sejenisnya.
·
Jangan melampirkan data visual yang bersifat
pornografik, SARA dan kekerasan.
FORUM
Definisi :
merupakan fasilitas yang tersedia
diinternet, dan penggunanya dapat berdiskusi. Forum berbasis internet ini
sudah dikenal sejak tahun 1995, dan fungsinya mirip bahkan lebih baik dari
papan buletin dan milis internet yang sudah ada sejak tahun 1980an.
ETIKA DALAM FORUM
·
Hindari Personal Attack!
·
Mailing list dan forum diskusi bersifat
one-to-many
·
Gunakan fakta dan data sebagai dasar
argumentasi
·
Jangan bawa masalah pribadi dalam diskusi dan
ber argumentasi
·
Be wise! Apalagi sumpah serapah…
·
Jangan membandingkan agama, suku, ideologi,
dan lain-lain
·
Jangan menjelek-jelekan suatu agama, suku,
ideologi, kelompok, individu, institusi, dll
SITUS JEJARING SOSIAL
Definisi :
Situs jejaring sosial (bahasa Inggris :
Social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan
penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta
mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.Tampilan
dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di
dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna
ETIKA DALAM SITUS JEJARING SOSIAL
·
Jika bisa mengirim pesan personal via e-mail,
kenapa harus via inbox apalagi via wall
·
Tidaklah etis men-tag sesuatu khususnya
foto/video tanpa seijin orangnya terlebih dahulu
·
Buatlah group dan bergabung dengan group yang
positif, bukan yang menjatuhkan individu atau kelompok tertentu…
·
Jangan mengeluhkan sesuatu di jejaring
sosial, apalagi sumpah serapah yang ditujukan kepada seseorang atau kelompok
tertentu
·
Jangan mempublikasikan sesuatu hal tentang
kepribadian / masalah pribadi seseorang di forum umum, karena ini akan
menimbulkan fitnah.
·
Gunakanlah kata-kata yang sopan dalam menulis
pesan.
CHATTING/MESSANGER
Definisi :
Definisi :
·
Percakapan di Internet (Inggris: Internet
chat atau online chat) mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan
Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara
dua orang pengguna Internet. Percakapan di Internet dapat menggunakan perangkat
lunak seperti pengirim pesan instan, Internet Relay Chat, dan lain-lain.
ETIKA DALAM CHATTING/MESSANGER
·
Sapalah teman Chat anda dengan Salam yang
sopan dan santun.
·
Gunakanlah kata-kata yang tidak menyinggung
teman chat anda.
·
Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti.
·
Kirimlah suatu informasi via chat dengan
jelas, singkat dan jelas.
·
Jangan membicarakan hal-hal yang dapat
menimbulkan fitnah pada orang lain.
·
Menurut beberapa pengamat etika internet,
gunakanlah huruf kapital seperlunya saja. Huruf kapital dapat menggambarkan
bahwa anda sedang berteriak atau berbicara keras.
ETIKA DALAM BISNIS ONLINE (MARKETING)
·
Jika anda berniat menjadi marketing online,
maka berikanlah gambaran produk, estimasi harga dan prosedur transaksi yang
jelas kepada customer anda.
·
Deskripsikan kepada customer anda tentang
keabsahan usaha anda agar terciptanya rasa kepercayaan oleh si customer.
·
Jangan mempromosikan sesuatu yang tidak
benar, hal ini akan menjadi suatu tidak kriminal (penipuan), dan citra buruk
terhadap anda.
·
Jika anda berniat membeli suatu produk via
Internet, maka ikutilah prosedur yang sudah ditetapkan bersama dalam hal ini
adalah transaksi pembayaran anda.
·
Bisnis Online adalah suatu media Bisnis dan
Jual Beli yang benar adanya dan menyangkut keuangan suatu pihak , maka gunakan
Bisnis Online dengan serius dan penuh tanggung jawab.
AGUSTINUS UROPKA
Sumber :
Ahmad Abid Sholichul Anam –
presentasi_etika_profesi.pptx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tak ada kata terlambat tuk berubah. Masa lalu hanyalah pendewasaan dirimu. Hidupmu tak ditentukan oleh orang lain tapi kamu!