Nama
Sekolah :
SMA GAMA YOGYAKARTA
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Progrem :
X
Semester/Th.
Ajaran : Gasal/2013-2014
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi: Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi
Dasar: Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga
kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
Indikator :
· Mendeskripsikan
pengertian biaya peluang
· Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada
tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
· Membedakan
biaya sehari-hari dengan biaya peluang
· Kurva
kemungkinan produksi
· Mendeskripsikan
pengertian biaya peluang
· Menunjukan
contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
A. Tujuan Pembelajaran
Perserta didik Setelah
membaca buku sumber dan melakukan diskusi hilangnya
kesempatan tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
· Mengidentifikasi kesempatan tenaga kerja
· Mendiskripsikan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila
melakukan produksi di bidang lain.
· Mendeskripsikan ilmu ekonomi terkait
dengan kelangkaan biaya kesempatan (opportunity cost).
· Karakter yang ingin dicapai: tanggung
jawab, kerja keras, disiplin, jujur, saling menghargai.
B. Materi Pembelajaran
1. Biaya peluang (opportunity cost)
Biaya peluang adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang
karena menentukan suatu pilihan. Konsep biaya peluang ialah mendorong seseorang
mengeluarkan pengorbanan tertentu dan meminimumkan resiko rugi agar memperoleh
keuntungan sebesar-besarnya.
2. Biaya Peluang pada Tenaga Kerja
Biaya
peluang pada tenaga kerja adalah nilai kesempatan tenaga kerja dalam
memproduksi barang dan jasa yang harus diabaikan karena memilih alternative
memproduksi barang lain. Konsep dasar peluang tenaga kerja ialah ketebatasan
sumber daya manusia dalam proses produksi secara bersamaan
3. Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja
Perusahaan
Rumah Tangga
Pada sebuah
perusahaan Rumah Tangga Tedapat Lima tenaga kerja yang dipekerjakan untuk
memproduksi bebepa makanan Seperti Keripik dan Roti. Keripik dan Roti
telah disurvei dalam masyarakat sebagai makanan yang digemari. Untuk itu dibuat
pengombinasian Tenaga Kerja dengan Barang yang diproduksi agar diperoleh
keuntungan yang besar.
C. Metode
Pembelajaran
· Metode: ceramah,
diskusi, tanya jawab
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (2 x 45 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
|
Keterangan
|
1.
|
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
· Guru
menjelaskan tentang SK, KD Indikator agar Siswa Dapat Memahami hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila
melakukan produksi di bidang lain.
· Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja
bila melakukan produksi di bidang lain.
b. Motivas
Memotivasi akan
pentingnya menguasai materi ini dengan baik agar dapat memahamai tentang hilangnya kesempatan pada tenaga kerja
bila melakukan produksi di bidang lain.
c. Penyampaian
tujuan pembelajaran
· Melalui
kegiatan diskusi peserta didik dapat:
Mendeskripsikan
unsur permasalahan ekonomi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang
lain.
· Mengidentifikasi pengertian biaya
peluan, Biaya peluang pada tenaga keja, dan Konsep dasar biaya peluang tenaga
kerja.
|
10 menit
|
Tatap Muka
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
· Guru
menyampaikan pengantar inti materi
· Guru
bersama peserta didik belajar dengan tanya jawab, komunikasi aktif tentang unsur masalah hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila
melakukan produksi di bidang lain.
b. Elaborasi
· Guru
membagi peserta didik ke dalam 4 kelompok (1 kelompok 4-5 orang).
· Guru
memberi penjelasan mengenai materi yang menjadi bahan diskusi kelompok.
· Peserta
didik diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan
guru.
· Peserta
didik diminta untuk bergabung dengan kelompoknya sesuai dengan pembagian yang
sudah ditentukan oleh guru.
· Di
dalam kelompok peserta didik diminta untuk saling mengutarakan hasil
pemikiran mereka. Selama peserta didik saling berdiskusi dalam kelompoknya,
guru berkeliling memantau jalanya diskusi pada masing-masing kelompok.
· Setelah
waktu untuk diskusi selesai guru memimpin pleno kecil diskusi,
tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
· Setelah
semua kelompok selesai mengemukakan hasil diskusinya, hasil pekerjaan
kelompok dikumpulkan kepada guru dengan menulis nama kelompok dan
nama anggota kelompok.
c.Konfirmasi
· Berawal dari kegiatan pleno kecil
diskusi guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan atau
menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahuai peserta didik.
· Guru
menjelaskan dan menambah materi atau jawaban tentang hal-hal yang belum diungkapkan para peserta didik.
|
70 menit
|
Tatap Muka
Tugas
Terstruktur
|
3.
|
Kegiatan
Penutup
a. Kesimpulan
Guru membimbing
peserta didik untuk menarik kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan dengan
mengunakan power point.
b. Tindak
lanjut
· Memberikan
tugas pekerjaan rumah secara berkelompok tentang masalah pokok ekonomi
menurut aliran klasik dan modern. Data dapat diambil dari jurnal
ekonomi atau buku referensi perpustakaan.
· Tugas
dikumpulkan dan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
Tatap Muka
|
E. Sumber
Belajar
· Buku:
1. Rusdarti,dkk.,
2007. Khazanah Ekonomi 2 untuk Kelas XI SMA dan MA, PT.Wangsa
Jatra Lestari, Solo, hal 147.
2. Endang
Mulyadi., 2011. Akuntansi 1 SMA Kelas XI, Yudhistira, hal 19
3. Kadirman,dkk.,
2009. Prinsip-prinsip Akuntansi 1 SMA Kelas XI, Yudhistira, hal 23
4. Wayhyu
Adji dkk. 2007 Ekonomi Untuk SMA/MAJilid 1, PT. Gelora Aksara
Pertama, hal 31
· Media
dan alat:
Power point,
Laptop, LCD papan tulis, Kapur. Ispidol, waibot
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik
Penilaian:
· Pengamatan
Proses Belajar mengajar
· Tes
Tertulis
· Non
Tes
2. Bentuk
Instrumen: Isian , pilihan ganda, dan Pengamatan sikap
3. Instrumen:
Kisi-kisi soal, kunci jawaban dan pedoman penilaian
4. Tugas
terstruktur
a) Kisi-kisi soal
No
|
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Item soal
|
1.
|
Mendeskripsikan Biaya
Peluang(opportunity cost)
|
Tes tertulis
|
Isian dan Pilihan Ganda
|
Soal I no 1,
|
2.
|
Menjebutkan Contoh
Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja dan jelaskan
|
Tes tertulis
|
Isian dan Pilihan Ganda
|
Soal I no 2,3
|
3.
|
Mengidentifikasi Kurva
kesempatan tenaga kerja dan kurva produksi didalam dan diluar
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Soal I no 4,
|
b) Instrumen Tugas
Terstruktur
1) Apa yang dimaksud dengan Biaya Peluang (opportunity cost) adalah?
2) Jelaskan apa yang dimaksud Contoh
Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja!
3) Menjelaskan
pengertian Biaya Peluang pada
Tenaga Kerja?
4) Mengambarkan Kurva
kesempatan tenaga kerja?
KUNCI
JAWABAN ISIAN
1. Biaya peluang (opportunity cost)
Biaya peluang adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang
karena menentukan suatu pilihan. Konsep biaya peluang ialah mendorong seseorang
mengeluarkan pengorbanan tertentu dan meminimumkan resiko rugi agar memperoleh
keuntungan sebesar-besarnya.
2. Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja
Perusahaan Rumah
Tangga
Pada sebuah
perusahaan Rumah Tangga Tedapat Lima tenaga kerja yang dipekerjakan untuk
memproduksi beberapa makanan
Seperti Keripik dan Roti. Keripik dan Roti telah disurvei dalam masyarakat
sebagai makanan yang digemari. Untuk itu dibuat pengombinasian Tenaga Kerja
dengan Barang yang diproduksi agar diperoleh keuntungan yang besar.
3. Biaya Peluang pada Tenaga Kerja
Biaya
peluang pada tenaga kerja adalah nilai kesempatan tenaga kerja dalam
memproduksi barang dan jasa yang harus diabaikan karena memilih alternative
memproduksi barang lain. Konsep dasar peluang tenaga kerja ialah ketebatasan
sumber daya manusia dalam proses produksi secara bersamaan.
4. Kurva di gambar
di kertas kerja
Penguasaan = jumlah
jawaban yang benar X 100%
4
Arti tingkat
penguasaan yang dicapai
90% -
100% = Baik
sekali
80% -
89% = Baik
70% -
79% = cukup
< 70% = kuran
c) Pedoman
penilaian
Item
soal
|
Skor
|
Soal
no 1
|
5
|
Soal
no 2
|
5
|
Soal
no 3
|
5
|
Soal
no 4
|
5
|
Total
|
20
|
1. Penilaian sikap:
No
|
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
|||||||||||||||||||||||
Tanggung
jawab
|
Kerja
keras
|
Disiplin
|
Jujur
|
Santun
|
Saling
menghargai
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|||||||||||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
Skor 1 =
Kurang
Skor 2 =
Cukup
Skor 3 =
Baik
Skor 4 =
Sangat Baik
Sleman, 13
September 2013
Praktikan
Agustinus
Uropka
NIM
091324002
Mengetahui,
Dosen
pembimbing Guru Mata
Pelajaran
Y. M. V.
Mundayen, S.Pd., M.Sc M
Sriharyanti Asih Winarti ,BA
NIP :
19560517 198103 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tak ada kata terlambat tuk berubah. Masa lalu hanyalah pendewasaan dirimu. Hidupmu tak ditentukan oleh orang lain tapi kamu!